TUANGKAN IDE CEMERLANGMU

BAnyak Hal yang dapat kita berikan pada semua orang, walau sederhana namun bermanfaat, banyak cara pula yang bisa kita lakukan untuk menuangkan ide ide kita dalam dunia nyata atau dengan cara lain, yang penting ada niat dan usaha untuk mencapai tujuan yang lebih menggiurkan..

Dalam tuntutan perkembangan teknologi informasi yang dinamis ini, termasuk di social media, which is berdampak semua segala harus dikerjakan secara cepat dan semua ingin instan. Belakangan kalau tidak hati-hati, atas nama produktifitas kita bisa terjebak ide klise atau fenomena plagiat. Tetapi ada juga yang dengan spontanitas menarik ia menjadi sosok mencolok. Bernilai tambah. Seperti tidak ada habis ide-idenya.

Memang, dalam tuntutan sekarang ini, apalagi orang berkecimpung bekerja dalam dunia kreatif ataupun suka menulis kreatif. Menghasilkan ide-ide brilian, berpikir out of the box mutlak adanya. Sedang berpikir inbox aja susah banget, celetuk kita dalam hati. Terus  gimana dong? Gue pengen tulisan gue bagus? Gue pengen ide gue disukain klien? Tentu ada acaranya, seperti yang ada dibawah ini. Mau tahu?

1. Observasi.

Mengapa observasi? Karena dengan kita membaca banyak bahan atau sumber yang ingin kita lakukan biasanya ide-ide itu akan muncul sendiri; entah dari nonton, membaca buku dan majalah-majalah dengan fokus yang ingin kamu tuju. Dan, belajar dari orang lebih berpengalaman. Caranya gimana ? ya follow aja akun sos-med mereka. Biasanya mereka memberikan tips atau ilmunya kok.

2. Modifikasi.

Dalam langkah modifikasi ini sangat penting. Misal kita ambil contoh yaitu tentang ide menulis cerpen, novel ataupun artikel atau konsep promo advertising. Nah, kamu bisa modifikasi contoh alias tulisan terbaik tersebut. Melihat polanya, melihat mereka membangun struktur bangunan idenya. Ramuan racun-racun idenya. Semua dalam artian mengembangkan lagi contoh ide yang sudah terpakai. Lalu berpikir: Apa sisi lain dibalik itu? Apa maknanya? Jadi, dengan selalu membayangkan itu, pasti ide kamu akan segar terus. Dan tidak ada abis-abisnya.

3. Adaptasi.

Adaptasi ini bukan bermaksud menjiplak plek, setiap ide yang sudah ada. No! menjiplak atau plagiat itu menghancurkan diri sendiri. Percaya deh. Tetapi maksud dari adaptasi ini itu, menyesuaikan apa yang ide yang sudah dikembangkan sesuai dengan karakter kamu. Sesuai dengan kemampuan kamu. Hingga menjadi mendapatkan suatu yang fresh, ide yang baru.

Nah, jika apa yang kamu kerjakan berupa tulisan. Setelah selesai, endapkanlah dulu beberapa saat, untuk bisa melihat secara utuh tulisan kamu. Jika dirasakan cukup, re-read aja lagi. Untuk memastikan tidak ada yang salah dan hasil yang optimal. Jika dirasa belum re-write lagi. Menulis ulang ini bertujuan untuk memoles, mempertajam apa yang sudah ada. The secret is in the rewriting., tutur Raditya Dika seorang penulis buku laris, skenario dan komedian. Jadi mending tulis aja dulu sampai selesai. Kalau jelek biarin , nggak ada tulisan langsung bagus kok.

4. Action!


Mulailah dari sekarang. Seperti yang telah dikatakan, AS Laksana pengarang buku Menulis Kreatif. Pekerjaan menulis itu sama dengan pekerjaan menambal ban. Semakin banyak dan sering kamu melakukannya semakin bagus dan semakin cepat selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar